Menteri Kehutanan launching Zona Integritas

Menteri Kehutanan launching Zona Integritas

11 September 2012, dibaca 660 kali.

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mendeklarasikan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi di lingkungan Kementerian Kehutanan dalam rangka mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani pada Selasa (11/09).

"Hari ini saya mencanangkan zona integritas bagi Kementerian Kehutanan sebagaimana harapan presiden SBY agar integritas pegawai menjadi di semua lini pembangunan," kata Menhut dalam sambutan acara pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi di lingkungan Kementerian Kehutanan, di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta.

Setelah Mencanangkan Zona Integritas Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menandatangani pakta integritas bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, Ombudsman Republik Indonesia yang diwakili oleh Wakil Ketua Azlaini Agus dan Komisi Pemberantasan Korupsi yang diwakili oleh Direktur Pendidikan Pelayanan Masyarakat Dedy A Rachim.

Menurut Menhut, Zona Integritas adalah predikat yang diberikan pada lembaga karena berkomitmen mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Zona integritas bertujuan untuk merealisasikan langsung integritas pegawai. Perbaikan birokrasi yang dirancang ini merupakan realisasi reformasi birokrasi hingga 2025 nanti. Selain itu, ini adalah wujud percepatan pemberantasan korupsi sesuai Inpres No. 5 tahun 2004 yang meliputi pencegahan dan penindakan. Menhut juga menargetkan Kementerian Kehutanan  mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Untuk itu, Zulkifli meminta seluruh jajarannya di Kemenhut untuk meningkatkan tata kelolka pemerintahan yang baik dengan mengedepankan transparansi, akuntabilitas, serta partisipatif.

Acara deklarasi juga dihadiri oleh Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Ali Masykur Musa. (FOTO PUSHUMAS/Win/Arset/12)