Berita Tapak

Kemenhut Pertahankan Sebagai 10 Badan Publik Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi Tahun 2012

28 September 2012, dibaca 21 kali.

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Kementerian Kehutanan berhasil mempertahankan sebagai 10 Badan Publik Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi Tahun 2012 dan menduduki peringkat ke 6.

Pengumuman peringkat 10 Badan Publik Pusat Terbaik dan 10 Badan Publik tingkat Propinsi disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Abdul Rahman Ma'mun di Istana Wakil Presiden RI Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat(28/09) dalam rangka hari Hak untuk Tahu Internasional (International Right to Know Day) yang diperingati setiap 28 September sebagai upaya mempromosikan hak-hak masyarakat untuk mengetahui informasi dari badan-badan publik.
Dalam kesempatan yang sama Wakil Presiden RI Boediono menyerahkan Sertifikat Penghargaan kepada 10 Badan Publik Pusat Terbaik dan 10 Badan Publik tingkat Propinsi, untuk penghargaan peringkat ke 6 kepada Kementerian Kehutanan langsung diterima oleh Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan.

Pemeringkatan 10 Badan Publik Pusat Terbaik yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Untuk tahun 2012 Komisi Informasi menambah variabel penilaian , jika tahun yang lalu yang dinilai adalah pasal 9 UU KIP (kewajiban mengumumkan informasi secara berkala) dan keberadaan PPID, maka tahun ini variabelnya ditambah dengan Pasal 11 (informasi setiap saat). KIP melakukan seleksi dari 98 Badan Publik yang dipantau melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan KIP baik melalui web maupun visitasi dengan mengunjungi langsung dan mencocokkan data dan informasinya dengan PPID Badan Publik terpilih.

Ke-10 Badan Publik Pusat Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi tersebut diurutan pertama Kementerian Perindustrian dengan nilai 95,31 , diikuti Kementerian Sekretaris Negara dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mendapat urutan kedua karena memiliki nilai yang sama yaitu 91,10.
Di urutan ketiga Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dengan nilai 86,41, diurutan keempat Badan Pemeriksa Keuangan dengan nilai 83,59, diurutan kelima Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Koordiantor Perekonomian karena memiliki nilai yang sama yaitu 79,84.
Kementerian Kehutanan diurutan keenam dengan nilai 79,38 , Mahkamah Konstitusi RI diurutan ketujuh dengan nilai 78,91 , diikuti Kementerian Komunikasi dan Informasi diurutan kedelapan dengan nilai 77,97, diurutan kesembilan Kementerian Kesehatan dengan nilai 75,16, sementara diurutan sepuluh adalah Kementerian Keuangan dan Pekerjaan Umum karena memiliki nilai yang sama yaitu 74,69 .

Dari 10 Badan Publik Pusat Terbaik menurut data yang dikeluarkan oleh KIP, Kementerian Kehutanan-lah satu-satunya Badan Publik Pusat yang mampu memperbaiki posisi diri dari urutan peringkat ke 10 tahun 2011 menjadi urutan peringkat ke 6 tahun 2012, banyak Badan Publik Pusat yang turun peringkat seperti Kementerian Kominfo tahun 2011 menduduki peringkat Pertama tahun ini turun diperingkat ke 10 dan bahkan beberapa Badan Publik Pusat tahun 2011 menduduki 10 Besar tahun ini tidak masuk dan terlempar keurutan lebih bawah lagi.

Kementerian Kehutanan dinilai berhasil dalam mengimplementasikan Pasal 9 dan 11 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, yaitu