Wakil Presiden RI Tinjau Lokasi Pembangunan Hunian Sementara di Lumajang

Wakil Presiden RI Tinjau Lokasi Pembangunan Hunian Sementara di Lumajang

15 Januari 2022, dibaca 353 kali.

Nomor: SP.008/HUMAS/PPIP/HMS.3/1/2022

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin meninjau lokasi pembangunan hunian sementara (Huntara) di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Prov. Jawa Timur pada Jumat, 14 Januari 2022.

Wapres Ma’ruf Amin juga berdialog singkat dengan para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Wapres menyemangati para pengungsi dan memastikan bahwa huntara akan segera dibangun dan siap huni saat lebaran.

"Insya Allah, apa yang diharapkan segera direalisasikan dan sudah disiapkan. Ini sudah disiapkan secara matang, dan Insya Allah sudah mulai pembangunannya, dalam waktu yang singkat, bisa selesai,” tegas Wapres. Adapun tahapan pembangunannya adalah pendirian huntara kemudian dilanjutkan dengan hunian tetap (Huntap).

Rencananya akan dibangun sebanyak 1.951 huntara di atas lahan seluas 81 hektar. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Menteri terkait penggunaan lahan Perhutani untuk relokasi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru. SK tersebut menjadi langkah awal dimulainya relokasi rumah bagi masyarakat terdampak.

Pada saat kunjungan Wapres ke area lokasi huntara di Desa Sumber Mujur, sudah ada satu unit rumah contoh yang diharapkan menjadi standar untuk pembangungan huntara bagi korban bencana. Selanjutnya di kawasan lokasi ini akan dibangun berbagai fasilitas umum untuk mengakomodasi kegiatan masyarakat, seperti pasar, tempat ibadah, hingga sarana kesehatan dan sarana olahraga.

“Ibu dan Bapak jangan merasa sendiri, tidak sendiri. Memang ini musibah, tapi musibah ini saya yakin akan menjadi kebaikan,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres menuturkan, kementerian/lembaga terkait penanganan bencana terus bersinergi untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal masyarakat pengungsi, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pokok dan relokasi tempat tinggal.

“Ini pemerintah, Bu Gubernur, Pak Bupati, semua ada dari BNPB, PUPR, KLHK, semua berjuang untuk bisa memberikan tempat Bapak dan Ibu,” ungkap Wapres.

Di huntara tersebut Wapres Ma’ruf Amin memberikan semangat kepada para pengungsi dan mengharapkan agar pembangunan tersebut cepat selesai dan pengungsi yang terdampak dapat kembali hidup normal.

"Saya mengajak Bapak dan Ibu bersabar terhadap musibah ini. Pembangunan secara bertahap akan selesai dan nantinya tempat hunian ini akan dilengkapi fasilitas yang lengkap, baik dan teratur," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Pada kunjungan kerja kali ini Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Zainal Fatah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Suharyanto dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.
____________
Lumajang, KLHK, 15 Januari 2022

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk