Bench Mark Pembangunan KLHK 2018 - 2019

  19 FEB 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin, 19 Februari 2018. Di tahun 2018 – 2019, Bench Mark pembangunan KLHK adalah Atasi kemiskinan, Kesempatan kerja, Ekspor, dan Investasi. Hal tersebut disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada Rapat Kerja Nasional KLHK 2018 bertemakan “Pelaksanaan 2018 dan Perencanaan 2019 Kementerian LHK: Sektor LH dan Kehutanan Menuju Pertumbuhan Pembangunan Berkualitas", yang berlangsung dari tanggal 19 – 20 Februari 2018 di Jakarta (19/02/2018).

Untuk merealisasikan bench mark tersebut, Siti Nurbaya mengutarakan perlu dilakukan 6 (enam) Langkah Strategis, meliputi: Alokasi sumberdaya hutan untuk pemerataan ekonomi; Pengendalian deforestasi dan degradasi hutan/lahan; Konservasi dan pemeliharaan bio-diversity dan biosfer; Peningkatan produksi dan produktivitas hutan dan jasa lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja; Pengendalian kejahatan lingkungan; serta Kemitraan dan keterlibatan multistakeholders dalam rantai usaha sumberdaya hutan dan sumberdaya sampah/limbah dan dalam pengawasan sosial perizinan dan pengendalian lingkungan serta dalam mendorong law enforcement serta public campaign.

Dijelaskan Siti Nurbaya, bahwa posisi KLHK pada 2018 dan 2019, meliputi 4 aktualisasi program, yakni: Dasar-dasar, Administratif, Program dan Aspiratif. 

“Yang menjadi Dasar-dasar aktualisasi program adalah Pahami dasar-dasar konsep kerja, konstitusionalitas dan keilmuan; Perspektif SDA dan Lingkungan serta hubungan antar konsep sebagai elemen penting pembangunan di indonesia; dan Pendekatan holistik bukan lagi silo apalagi ego (sub) sektor”, jelas Siti Nurbaya.

Terkait Administratif, ditekankan Siti Nurbaya agar administrasi jangan sampai menghambat, secepatnya selesaikan, juklak dan juknis serta pengadaan dipercepat; dan Persiapan re-alokasi untuk mendukung program-program utama dan yang dinilai sangat penting didahulukan dengan prinsip money follow program sebagai contoh TN Komodo.

Berita selengkapnya klik disini 



Bench Mark Pembangunan KLHK 2018 - 2019Bench Mark Pembangunan KLHK 2018 - 2019




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini