Antisipasi Karhutla, KLHK Luncurkan Patroli Terpadu di Kalteng

  17 APR 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 17 April 2018. KLHK kembali meluncurkan kegiatan Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah-wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kali ini patroli terpadu dilaksanakan di provinsi Kalimantan Tengah. Patroli terpadu ini merupakan langkah antisipasif yang dilaksanakan KLHK bersama parapihak dalam menindaklanjuti dinamika kondisi di lapangan yang sudah menunjukkan peningkatan hotspot sebagaimana dengan prediksi awal musim kemarau 2018 di Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam arahan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, yang dibacakan oleh Kepala Sub Direktorat Pencegahan Karhutla, Sunarno, menyampaikan bahwa kegiatan Patroli Terpadu ini merupakan bentuk mengedepankan upaya pencegahan di lapangan. Manggala Agni bersama-sama dengan TNI, POLRI, pemerintah daerah, dan masyarakat desa lakukan patroli ke desa-desa rawan karhutla.

“Patroli terpadu pencegahan karhutla merupakan langkah antisipasif dan wujud nyata sinergi parapihak ditingkat tapak”, tambah Sunarno.
Dalam acara launching tersebut, Komandan Korem 102/Panju Panjang, Naudi Nurdika menyampaikan amanat bahwa patroli terpadu ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan sarana prasarana secara nyata sekaligus merupakan pertanda kesiapsiagaan personil jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Provinsi Kalimantan Tengah yang daerahnya memiliki hutan yang lebat dan bergambut tentu sangat rawan terhadap bencana kebakaran. Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini, diperlukan kerjasama yang sinergis antara stakeholder dan elemen masyarakat lainnya”, tegas Naudi.

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) wilayah Kalimantan menambahkan bahwa sejak awal tahun 2018, kegiatan pencegahan sudah mulai dilaksanakan oleh Manggala Agni melalui patroli rutin baik secara bersama-sama maupun kegiatan di masing-masing instansi misalnya Manggala Agni KLHK yang memang mempunyai tugas rutin untuk melaksanakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui patroli rutin dan penyuluhan ke masyarakat.

Berita selengkapnya klik http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/1174



Antisipasi Karhutla, KLHK Luncurkan Patroli Terpadu di KaltengAntisipasi Karhutla, KLHK Luncurkan Patroli Terpadu di KaltengAntisipasi Karhutla, KLHK Luncurkan Patroli Terpadu di KaltengAntisipasi Karhutla, KLHK Luncurkan Patroli Terpadu di Kalteng




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini