Atasi Pencemaran Kali Sentiong, KLHK Pasang Nano Bubble

  11 AUG 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sabtu, 11 Agustus 2018. Sebagai upaya mengurangi bau dan meningkatkan kadar oksigen di Kali Sentiong secara cepat, KLHK memasang 4 (empat) unit sistem Plasma Nano Bubble generator. Teknologi yang dikembangkan Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI ini, adalah alat penghasil gelembung plasma ukuran nano berupa ozon dan oksigen yang diinjeksikan ke kolom air sungai. 

“Dengan penambahan pemasangan namo bubble ini diharapkan baunya menghilang dan proses penguraian bakteri juga berjalan lancar, sehingga dalam beberapa hari kedepan kalinya sudah jernih”, ungkap Karliansyah, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, di Jl. Danau Sunter, Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu pagi (11/08/2018).

Kali sepanjang 700 meter yang berada dekat dengan kawasan Wisma Atlet Kemayoran ini berwarna hitam akibat pencemaran air. Meski tidak tampak sampah di badan air dan pada pinggir kali, namun akibat bakteri tidak dapat terurai, menimbulkan bau dan warna gelap. 

Bau Kali Sentiong bersumber dari pembusukan sampah rumah tangga dan limbah usaha skala kecil. Air dengan kadar oksigen terlarut yang rendah, membuat limbah dan sampah organik tidak membusuk sempurna. Sebagian limbah terendap menjadi sedimen lumpur di bawah kolom air. 

Berita selengkapnya klik disini 



Atasi Pencemaran Kali Sentiong, KLHK Pasang Nano BubbleAtasi Pencemaran Kali Sentiong, KLHK Pasang Nano BubbleAtasi Pencemaran Kali Sentiong, KLHK Pasang Nano BubbleAtasi Pencemaran Kali Sentiong, KLHK Pasang Nano Bubble




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini