Masyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah Karhutla

  14 AUG 2018

Masyarakat memegang peranan penting dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Indonesia. Upaya pencegahan karhutla yang dikedepankan juga perlu melibatkan masyarakat.

Untuk memperkuat kemandirian dan kapasitas masyarakat dalam mendukung upaya pengendalian karhutla, KLHK membentuk kelompok masyarakat yang diberi nama Masyarakat Peduli Api (MPA). Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa peran aktif MPA sangat diharapkan dan sangat membantu upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat tapak.

"Keterlibatan MPA dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan melalui peran aktif dalam upaya pencegahan seperti tidak melakukan pembukaan lahan dengan membakar,"ujar Raffles.

Raffles menambahkan bahwa memberikan pengetahuan dan penyadaran kepada masyarakat di sekitarnya juga menjadi peran penting MPA. "Segera melaporkan kepada Manggala Agni jika ditemukan areal terbakar juga merupakan langkah penting untuk meminimalisir dampak kebakaran yang lebih besar," lanjutnya.

Berita selengkapnya disini



Masyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah KarhutlaMasyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah Karhutla




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini