Kolaborasi - Kreasi Kunci Sukses Perhutanan Sosial

  10 OCT 2019

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 9 Oktober 2019. Membangun tata hubungan kerja antara Pemerintah Pusat dan Daerah  merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat dan daerah untuk percepatan Program Perhutanan Sosial. Terutama kaitannya dengan kejelasan peran dalam pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggung jawab serta kerjasama dan integrasi program dengan berbagai pihak yaitu lembaga pemerintah pusat, daerah maupun para pihak lainnya seperti LSM, Perguruan Tinggi, Swasta serta masyarakat sebagai pelaku utama.

Pemberian izin Perhutanan Sosial, selain diharapkan untuk menjaga kelestarian hutan juga dapat menjadikan masyarakat yang mandiri secara ekonomi. "Sistem bisnis Perhutanan Sosial bersifat terpadu, dari subsistem hulu (on-farm), industry pasar (off-farm) dan susbsistem pendukungnya seperti kelembagaan, modal, teknologi, inovasi dan sebagainya yang keseluruhannya memerlukan dukungan dari berbagai pihak terkait yang di pusat maupun daerah", jelas Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Soepriyanto pada acara Kolaborasi Kreasi (Ko-Kreasi) Tata Hubungan Kerja Perhutanan Sosial yang dilakukan pertama kali di Padang, Sumatera Barat, Rabu (09/10/2019).

Dalam rangka menjaga kelestarian hutan tentu diperlukan integrasi dan sinkronisasi dengan KPH selaku pengelola kawasan hutan di tingkat tapak. Dengan demikian peran KPH selaku pemangku dan pengelola kawasan sangat penting dalam hal memfasilitasi pelaksanaan kegiatan.  Sedangkan untuk menjadikan masyarakat mandiri secara ekonomi dibutuhkan sistem bisnis perhutanan sosial mulai dari hulu, hilir dan pasarnya. "Bisnis yang dilakukan masyarakat ini yang akan kita dorong agar terjadi sentra-sentra ekonomi berbasis desa", tambah Bambang.





 Kolaborasi - Kreasi Kunci Sukses Perhutanan Sosial Kolaborasi - Kreasi Kunci Sukses Perhutanan Sosial Kolaborasi - Kreasi Kunci Sukses Perhutanan Sosial Kolaborasi - Kreasi Kunci Sukses Perhutanan Sosial Kolaborasi - Kreasi Kunci Sukses Perhutanan Sosial




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini