KLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah Plastik

  23 JAN 2020

KLHK bersama-sama dengan Komisi IV DPR RI pada Kamis (23/1/2020), melakukan inspeksi mendadak atau sidak terhadap kontainer yang diduga berisi limbah plastik yang tidak diizinkan untuk masuk ke Indonesia. Dua direktur jenderal (Dirjen) di KLHK turun langsung mendampingi pimpinan dan anggota dewan Komisi IV DPR RI. Dua Dirjen tersebut adalah Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati bersama Dirjen Penegakkan Hukum LHK (Gakkum), Rasio Ridho Sani.

Sesampainya di daerah Marunda, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin bersama wakil ketua Dedi Mulyadi dan G. Budisatrio Djiwandono, langsung membuka dua kontainer yang memang berisi limbah plastik. Isi di dalam kontainer tersebut memperlihatkan bahwa yang seharusnya adalah bahan baku untuk kertas dan bahan baku plastik tapi ternyata berisi dan bercampur dengan sampah. Pihak importir, yaitu PT. NHI mengatakan bahwa limbah plastik tersebut akan digunakan untuk bahan baku produksi bijih plastik. 

Dirjen PSLB3, Vivien bersama stafnya saat itu juga langsung melakukan pemeriksaan isi kontainer. Tidak memerlukan waktu yang lama, Vivien menemukan isi kontainer tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Vivien menemukan beberapa botol kemasan bekas bahan kimia dan juga kaleng minuman. Vivien juga menyimpulkan bahwa mayoritas isi kontainer menunjukkan bahwa limbah tersebut diduga berasal dari tempat pembuangan akhir sampah.



KLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah PlastikKLHK dan Komisi IV DPR RI Sidak Kontainer Berisi Limbah Plastik




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini