PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TUAN RUMAH PERTEMUAN GOVERNOR'S CLIMATE AND FOREST TASK FORCE 2017

  19 JUN 2017

Komitmen Indonesia dalam pengendalian perubahan iklim semakin nyata, dengan akan diselenggarakannya pertemuan Governor’s Climate and Forest (GCF) Task Force Annual Meeting di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, bulan September mendatang. Hal ini dilaporkan Gubernur Kalimantan Timur, Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak, kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di Jakarta (19/06/2017).

GCF Task Force adalah bentuk kolaborasi subnasional dari 35 negara bagian dan provinsi di dunia, antara lain Brazil, Kolombia, Indonesia, Pantai Gading, Meksiko, Nigeria, Peru, Spanyol, dan Amerika. Sejak tahun 2008, Provinsi Kalimantan Timur telah menjadi anggota GCF, selain Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat. Pada rapat tahunan GCF 2016 di Jalico-Meksiko, Provinsi Kalimantan Tiimur telah ditetapkan sebagai Chair GCF Task Force 2016-2017 yang berkewajiban menjadi tuan rumah pertemuan GCF Task Force Tahun 2017

Tema pertemuan GCF tahun ini adalah “Membangun Ekonomi Hijau dan Inklusif : Pendekatan Keberlanjutan Yurisdiksional”. Tema tersebut diterjemahkan dengan mendorong para produsen dan pemerintah daerah, untuk mengurangi deforestasi dan degradasai hutan tropis dalam skala yang substantif, dan mewujudkan keberlanjutan berbasis yurisdiksi melalui pembangunan berbagai jenis kemitraan publik-privat.

Dalam pertemuan GCF Task Force nanti, Menteri LHK diundang untuk menyampaikan sambutan, bersama-sama dengan Menteri Iklim dan Kehutanan Norwegia, Sekretaris Eksekutif UNFCCC, dan Pimpinan GCF Task Force. Sebagaimana tema yang diangkat dalam GCF Task Force Tahun 2017, terdapat tiga poin penting yang akan dibahas, yaitu melakukan harmonisasi dan penyelarasan berbagai proses, membangun kriteria kinerja sederhana, dan membangun kemitraan di tingkat implementasi.

GCF Task Force direncanakan diselenggarakan pada tanggal 25-29 September 2017, dengan agenda antara lain Dialog Tingkat Tinggi, Pertemuan Umum Tingkat Tinggi, Sesi Kerja dan Diskusi Panel, serta penyusunan Piagam Balikpapan. Dalam rangka menyelaraskan dengan Komitmen Nasional, pada tanggal 18 Juli 2017 akan diadakan pertemuan dengan 7 (tujuh) Gubernur terkait di Jakarta.



PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TUAN RUMAH  PERTEMUAN GOVERNOR'S CLIMATE AND FOREST TASK FORCE 2017PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TUAN RUMAH  PERTEMUAN GOVERNOR'S CLIMATE AND FOREST TASK FORCE 2017PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TUAN RUMAH  PERTEMUAN GOVERNOR'S CLIMATE AND FOREST TASK FORCE 2017PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TUAN RUMAH  PERTEMUAN GOVERNOR'S CLIMATE AND FOREST TASK FORCE 2017


Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini