Partisipasi Segala Lini Atasi Karhutla

  10 AUG 2017

Data Posko Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) per tanggal 9 Agustus 2017, menyebutkan pada Satelit NOAA19 terpantau 52 hotspot di wilayah Indonesia, sedangkan satelit TERRA/AQUA (NASA) dengan confidence level > 80% menunjukkan tidak terdapat hotspot di wilayah Indonesia. Data juga menyebutkan, sebanyak 25 hotspot terlihat berdasarkan data TERRA/AQUA (LAPAN) dengan confidence level 30% - < 79%), menunjukkan penurunan jumlah hotspot sebanyak 1.776 hotspot (81,17%), dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama, yaitu semula 2.188 hotspot menjadi 412 hotspot. 

Pemadaman kebakaran lahan dilakukan oleh Manggala Agni pada lahan masyarakat di Dusun podorukun, Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, (9/8/2017). Lahan terbakar seluas 30 hektar dengan vegetasi sawit ini terindikasi akibat kelalaian. Luas yang berhasil di padamkan seluas 3 hektar dan sampai saat ini sedang dalam proses pemadaman.

Di Jambi, dilaksanakan patroli gabungan terdiri dari Manggala Agni, POLRI, Koramil, KPHP dan BPBD serta sosialisasi satgas karhutla di wilayah Kec. Limun, Kab. Sarolangun, (9/8/2017). Tim melakukan patroli ke wilayah konsesi PT. Sinar Agung Sentosa. Tim menemukan praktek pembukaan lahan yang rawan terbakar seluas lebih kurang 3.8 Ha. Terkait hal ini, tim melakukan pengecekan kesiapan peralatan dan SDM dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Berita selengkapnya klik disini



Partisipasi Segala Lini Atasi KarhutlaPartisipasi Segala Lini Atasi KarhutlaPartisipasi Segala Lini Atasi KarhutlaPartisipasi Segala Lini Atasi KarhutlaPartisipasi Segala Lini Atasi Karhutla




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini