Tim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung Rinjani

  10 OCT 2017

Tim gabungan, yang terdiri dari personel Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Koramil Sembalun, Polsek Sembalun, Tim Siaga Bencana Daerah Sembalun, Masyarakat Peduli Api (MPA), berhasil melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di zona pemanfaatan kawasan TNGR, Nusa Tenggara Barat (9/10/2017). Kebakaran yang terjadi di Bukit Telaga, Desa Sembalun Lawang ini, dilaporkan oleh masyarakat sekitar pukul 13.00 WIB, dan satu jam kemudian Tim mulai turun untuk melakukan pemadaman.

Kebakaran diduga karena aktivitas masyarakat yang membersihkan kebun dengan membakar, sehingga api menjalar ke kawasan TNGR. Vegetasi yang cukup kering dan topografi yang curam memicu api cepat merambat ke atas, dan saat ini (10/10/2017), kebakaran seluas ± 18 Ha tersebut sudah dapat ditangani.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan mengungkapkan bahwa ancaman kebakaran hutan dan lahan terutama di kawasan konservasi perlu diwaspadai. "Para petugas harus selalu siap siaga melakukan antisipasi ketika terjadi kebakaran", tegasnya.

Berita selengkapnya klik di sini



Tim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung RinjaniTim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung RinjaniTim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung RinjaniTim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung RinjaniTim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung RinjaniTim Gabungan Padamkan Kebakaran di Taman Nasional Gunung Rinjani




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini