Penguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan Dukung Pengendalian Karhutla

  06 DEC 2017

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 6 Desember 2017. Sampai dengan Oktober 2017, total luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia menurun sebesar 65,68% dibandingkan dengan tahun 2016. 16,99% diantaranya terjadi di Hutan Produksi yang dikelola oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Hal ini dikemukakan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan pada acara Evaluasi Kegiatan Pengendalian Karhutla Tahun 2017, dan Rencana Kegiatan Pengendalian Karhutla Tahun 2018 pada Tingkat KPH (KPHP, KPHL, dan KPH Perum Perhutani), di Bogor tanggal 4 - 6 Desember 2017.

“Secara keseluruhan capaian kegiatan dalkarhutla tahun 2017 cukup memuaskan. Keberhasilan penanganan karhutla tahun 2017, dikarenakan adanya kebijakan dan paradigma baru dalam pengendalian karhutla, pemerintah mengedepankan upaya pencegahan dengan memobilisasi peran stakeholder di tingkat tapak, seperti penguatan peran KPH”, ungkap Raffles.

Pembentukan Brigdalkarhutla sebanyak 50 regu di KPH sejak tahun 2015 telah meningkatkan jangkauan dalkarhutla hingga tingkat tapak, sehingga luas karhutla dapat menurun drastis. Raffles juga menyampaikan apresiasi atas peran KPH dalam pengendalian karhutla 2017. “Peran KPH sangat signifikan dalam membantu pencapaian ini. Kami akan terus mendukung peran KPH melalui penguatan kelembagaan dan sarpras karhutla,” tegas Raffles.

Berita selengkapnya klik disini



Penguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan Dukung Pengendalian KarhutlaPenguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan Dukung Pengendalian KarhutlaPenguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan Dukung Pengendalian KarhutlaPenguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan Dukung Pengendalian Karhutla




Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
Sudah bergabung? silahkan login disini
Belum menjadi member? Silahkan daftar disini