Kebakaran Gunung Lawu Berhasil Dipadamkan

  11 SEP 2018

Nomor: SP.506/HUMAS/PP/HMS.3/09/2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 11 September 2018. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Hutan Lindung Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, akhirnya berhasil dipadamkan tadi siang pukul 14.00 WIB (11/09). Sebanyak 150 personil yang berasal dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, KLHK, Perhutani, Polri, Koramil, dan relawan, telah melakukan pemadaman pada lahan seluas kurang lebih 30 hektar ini, yang terbakar sejak Senin pukul 16.00 WIB lalu (10/09).

"Kebakaran diketahui terjadi di petak 62. A RPH Tlogo Dringgo, BKPH Lawu Utara, KPH Surakarta,di Dusun Dringgo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar," jelas Suharman, Kepala BKSDA Jateng.

Selain itu, kebakaran hutan juga terjadi di Gunung Sindoro, yang termasuk wilayah BKPH Temanggung, tepatnya petak 10 RPH Kwadungan. Meski kondisi api dilaporkan sudah mulai mengecil, namun kebakaran berpotensi dapat terjadi di wilayah hutan BKPH Wonosobo, petak 21 RPH Anggrunggondok.

Sementara itu, Suharman menambahkan, saat ini masih belum diketahui berapa luasan karhutla di Gunung Sumbing, tepatnya di hutan wilayah Temanggung, perbatasan hutan wilayah RPH Kemloko, dan RPH Mangli.

Upaya pemadaman di Gunung Sindoro Sumbing ini, dipimpin oleh Dandim Temanggung, dengan dukungan heli dari BPBD dan BNBP.

Penanggung jawab berita: 
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081977933330