Apresiasi Kepada TNI yang Terus Sinergi Dalam Pengendalian Karhutla

  05 OCT 2018

SIARAN PERS
Nomor : SP. 564 /HUMAS/PP/HMS.3/10/2018


Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jum’at, 5 Oktober 2018. Kiprah Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan para pihak di tingkat tapak. Bersama para pihak, seperti TNI, POLRI, pemerintah daerah setempat, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan masyarakat terus bersinergi cegah dan tanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Di Hari Dirgahayu TNI, tanggal 5 Oktober, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan apresiasi kepada TNI yang selama ini khususnya pada tiga tahun terakhir ini telah bahu-membahu bekerjasama dengan Manggala Agni melakukan berbagai aksi pengendalian di lapangan, baik aksi pencegahan atau pun pemadaman. 

“Sinergi yang telah terbentuk antara para pihak, antara Manggala Agni, TNI, POLRI, dan juga masyarakat diharapkan terus terjalin baik, bersatu padu di tingkat tapak melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla”, imbuh Raffles. 

Kebijakan pemerintah agar menggiatkan pencegahan karhutla di tingkat tapak dan melakukan koordinasi dengan para pihak selama ini terwujud dalam kegiatan patroli terpadu pencegahan karhutla. TNI dan POLRI bersama-sama membangun sinergi dengan Manggala Agni, bersatu dalam setiap langkah pengendalian karhutla. 

Patroli terpadu yang diinisiasi KLHK sejak tahun 2016, dan terus dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 sangat berdampak pada meningkatnya kerjasama dan peran serta antara para pihak dalam pengendalian karhutla. Hasil positif yang dicapai dalam pengendalian karhutla tidak terlepas dari kerjasama yang baik di tingkat tapak. Respon yang cepat dari tim patroli terpadu meminimalkan luasan terbakar sehingga dampak yang ditimbulkan pun dapat dikendalikan, baik dampak asap atau dampak terhadap lingkungan lainnya. 

Sebagaimana dalam Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, bahwa Presiden RI menginstruksikan kementerian/lembaga terkait untuk melakukan peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Republik Indonesia, melakukan kerjasama dan saling berkoordinasi, meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kepentingan, meningkatkan penegakan hukum dan memberikan sanksi tegas kepada pelaku pembakaran hutan dan lahan. 

TNI menjalankan Instruksi Presiden tersebut melalui setiap aksi di lapangan, untuk turut memberikan bantuan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, serta upaya lain dalam pengendalian karhutla. TNI, POLRI, dan juga Manggala Agni berdiri satu barisan melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Begitupun satgas pengendalian karhutla yang dibentuk di provinsi-provinsi rawan tak lepas dari peranan TNI.

“Dirgahayu TNI, tetap jaya dan semakin kokoh menjaga NKRI”, tandas Raffles. 

Penanggung jawab berita: 
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081977933330