Presiden akan Serahkan 42 SK Perhutanan Sosial di Cianjur

  07 FEB 2019

Nomor: SP. 048/HUMAS/PP/HMS.3/02/2019

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 7 Februari 2019. Pemerintah mengejar percepatan realisasi Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) serta Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (KULIN KK) sejak awal tahun 2019.

Kali ini, Presiden Joko Widodo akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) di Wana Wisata Pokland Haurwangi, yang berlokasi di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jumat (8/2).

Pada kesempatan ini, akan diserahkan sebanyak 38 Unit SK seluas 12.559,28 hektar kepada 7.786 KK pemegang izin Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (KULIN KK). Selanjutnya, sebanyak 4 Unit SK seluas 1.417 hektar diserahkan kepada 1.155 KK pemegang Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS).

"Penerima Izin Perhutanan Sosial di Kabupaten Cianjur kali ini totalnya 42 unit SK seluas lebih kurang 13.976,28 hektar dan 8.941 KK," ungkap Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK, Bambang Supriyanto.

Lokasi penyerahan SK Perhutanan Sosial di Cianjur berada di Kawasan Perum Perhutani dengan luas sekitar 30 Hektar. Lokasi wana wisata ini berada pada jalur jalan lama Cianjur-Bandung, dan berada di pinggir sungai Citarum.

Untuk menuju lokasi wana wisata, dari Taman Alun-Alun Cianjur melalui perjalanan darat, menempuh waktu 48 sampai 55 menit dengan jarak 28,7 km.

Pada acara tersebut juga akan dilakukan penyerahan trofi 9 tokoh hutan sosial pilihan Tempo tahun 2018 serta bantuan KUR dan CSR oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Selain itu, bantuan bibit dan alat ekonomi produktif akan diserahkan oleh Menteri LHK dan Perhutani.

Penganugerahan ini juga digelar dalam rangka menyambut Hari Pers yang akan diperingati pada tanggal 9 Februari 2019.

Adapun penerima penghargaan tokoh hutan sosial tahun 2018 berasal dari KTH Mandiri Kalibiru Kulonprogo, Gapoktan Rimba Lestari Lombok Tengah, KTH Mitra Wana Lestari Sejahtera Lampung Barat, Kelompok Tani dan Nelayan Mangrove Langkat, LPHD Bentang Pesisir Padang Tikar - Batu Ampar Kubu Raya, LPHN Jorong Simancung Solok Selatan, LMDH Wono Lestari Lumajang, HA Tembawang Tampun Juah Kampung Segumon Sanggau, dan Hutan Adat Marena Enrekang.
(*)

Penanggung jawab berita: 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081977933330