SILAPONG: Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium Serpong

  13 AUG 2019

Nomor: SP. 312/HUMAS/PP/HMS.3/8/2019

Serpong, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 13 Agustus 2019.
Untuk meningkatkan pelayanan jasa kepada pelanggan internal maupun eksternal, Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan, Badan Litbang dan Inovasi (P3KLL – BLI) KLHK mengembangkan sebuah aplikasi dan diberi nama SILAPONG.

“SILAPONG: Sistem Informasi Laboratorium Serpong adalah inovasi terbaru P3KLL yang berfungsi sebagai dasar pengambilan keputusan bagi langkah pengembangan pelayanan Laboratorium P3KLL,” kata Kepala P3KLL, Herman Hermawan. Peluncuran aplikasi Silapong dilaksanakan pada acara Festival Riset Hutan Tropis dan Lingkungan Hidup di Puspitek Serpong (13/8).

Silapong adalah aplikasi pelayanan pengujian dan/atau kalibrasi alat di laboratorium P3KLL berbasis website dan android yang dirancang khusus untuk menghimpun pemesanan layanan pengujian dan atau kalibrasi alat di laboratorium. Silapong mampu mempercepat proses pemesanan layanan pelanggan dengan menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi mulai dari pemesanan contoh uji, proses penanganan contoh uji/alat uji sampai dengan terbitnya Sertifikat Hasil Uji dan/atau Sertifikat Hasil Kalibrasi.

Herman menambahkan, “Dengan Silapong, maka pelayanan laboratorium terhadap publik dapat dilakukan lebih cepat, mudah dan dapat dilakukan dimana saja sehingga dapat menghemat waktu dan menghemat penggunaan kertas (paperless), serta dapat untuk melakukan evaluasi pelayanan laboratorium.”

Silapong memberikan fasilitas permintaan pelanggan yang bermacam-macam sesuai kebutuhan jenis pengujian/kalibrasi dan parameter atau besaran yang diuji/kalibrasi. Jenis pelayanan jasa pengujian laboratorium yang ada pada aplikasi Silapong adalah jenis pengujian laboratorium B3, laboratorium biologi, laboratorium toksikologi, laboratorium udara, dan laboratorium kebisingan. Sedangkan jenis pelayanan kalibrasi alat adalah laboratorium kalibrasi.

Seperti diketahui, pelayanan yang baik adalah pelayanan berorientasi terhadap upaya peningkatan mutu untuk memenuhi harapan atau kepuasan pelanggan. Data hasil pengujian/kalibrasi bisa dikatakan mempunyai mutu tinggi apabila data hasil tersebut dapat memuaskan pelanggan dengan tetap mempertimbangkan aspek teknis sehingga precision and accuracy (ketelitian dan ketepatan) yang tinggi dapat dicapai.

Selain itu, data tersebut harus mempunyai kemamputelusuran pengukuran dan terdokumentasi dengan baik, sehingga dapat dipertahankan secara ilmiah maupun hukum. Seluruh metode dan prosedur operasional laboratorium harus terpadu, mulai dari perencanaan pengambilan sampel, penanganan, pemeriksaan, sampai pemberian laporan hasil kepada pelanggan.

Untuk dapat mengakses pelayanan ini, aplikasi Silapong dapat diunduh di playstore atau melalui website di http://silapong.id.

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Djati Witjaksono Hadi – 081977933330