BUDAYA KERJA CIPTAKAN ASN KLHK YANG HANDAL

  11 APR 2017

Nomor: S. 78/HUMAS/PP/HMS.3/4/2017

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Selasa, 11 April 2017: Didasari semangat revolusi mental dan reformasi birokrasi, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pusat dan 34 Koordinator UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dari seluruh Indonesia mengikuti internalisasi budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bogor, Selasa (11/04/2017). Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) melalui Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM (Pusrenbang SDM) melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan agar dapat disosialisasikan dan diinternalisasikan nilai-nilai budaya kerja di satker masing-masing. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala BP2SDM Kementerian LHK, Hadi Daryanto.

Dalam sambutannya, Hadi Daryanto mengungkapkan, kegiatan internalisasi budaya kerja ASN dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada para koordinator UPT Kementerian LHK. “Para koordinator UPT ini bisa menjadi agen perubahan di wilayah kerjanya masing-masing. Sehingga nilai-nilai budaya kerja Kementerian LHK dapat tersebar secara terstruktur dari pusat hingga ke daerah,” ujar Hadi Daryanto.
Kegiatan ini juga merupakan stimulasi bagi setiap Eselon I untuk terlibat aktif dalam penerapan nilai-nilai budaya kerja lingkup Kementerian LHK. Kontribusi seluruh elemen ini akan menciptakan sebuah budaya kerja yang dapat meningkatkan nilai kinerja Kementerian LHK.
Kegiatan pengembangan budaya kerja dimulai tahun 2015. Pengukuran dan perumusan nilai-nilai budaya kerja menghasilkan nilai-nilai yang harus dikembangkan serta diimplementasikan oleh ASN KLHK. Nilai-nilai tersebut yaitu Integritas (Disiplin, Jujur dan Ikhlas), Etos Kerja (Profesional dan Tanggung Jawab), Gotong Royong (Kerjasama).

Ada empat tahapan transformasi budaya kerja Kementerian LHK yang dirancang oeleh BP2SDM. Pertama pada Awareness Stage, ASN mengetahui tentang nilai-nilai budaya kerja Kementerian LHK (2015-2016). Tahapan kedua yaitu Understanding Stage, ASN memahami nilai-nilai budaya kerja Kementerian LHK dan dimulai penyelarasan dalam kegiatan operasional (2017). Selanjutnya Buy-In Stage, ASN menjalankan nilai-nilai Budaya Kerja Kementerian LHK dalam kegiatan operasional (2018). Dan yang terakhir Ownership Stage, Nilai-nilai Budaya Kerja KLHK dirasakan oleh seluruh stake holders organisasi.

Untuk mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai budaya kerja secara masif kepada seluruh ASN Kementerian LHK dan masyarakat juga dilakukan dengan membuat media audio visual (video, infografis, leflet, banner, dll). Perlu dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen KLHK untuk mewujudkan reformasi birokrasi pada Kementerian LHK. “Mari kita pahami, rasakan dan lakukan bersama-sama mulai dari pusat sampai dengan UPT penerapan nilai-nilai budaya kerja ini,” pungkas Hadi Daryanto.

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081375633330