REVITALISASI FORUM DAS DALAM RANGKA PEMULIHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI

  20 APR 2017

SIARAN PERS
Nomor : SP. 85/HUMAS/PP/HMS.3/04/2017

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Kamis, 20 April 2017. Degradasi dan menurunnya fungsi Daerah Aliran Sungai (DAS) menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir, kekeringan dan tanah longsor yang sering terjadi akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan pengelolaan DAS belum dilakukan secara holistik, multipihak, lintas sektoral dan lintas wilayah. Mengatasi hal tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membentuk Forum koordinasi Pengelolaan DAS yang beranggotakan instansi pemerintah, akademisi, lembaga non pemerintah, sektor swasta, dan tokoh masyarakat.

Forum Koordinasi Pengelolaan DAS merupakan amanat Pasal 57 Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pengelolaan DAS, mempunyai fungsi untuk: a) Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terkait pengelolaan DAS; b) Memberikan sumbangan pemikiran dalam pengelolaan DAS; dan c) Menumbuh dan mengembangkan peran pengawasan masyarakat dalam pengelolaan DAS.

Dalam pembukaan Pertemuan Forum DAS Tingkat Nasional Tahun 2017 di Jakarta (19/04/2017), Direktur Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Dr. Hilman Nugroho, menyampaikan agar forum ini dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai wadah koordinasi dalam mendorong integrasi dan sinergi rencana pengelolaan DAS, serta dapat harmonis dengan rencana pembangunan dan rencana tata ruang wilayah.

“Kita harus melakukan pembibitan pohon lebih banyak lagi. Juga memberikan bibit pohon yang lebih baik dan unggul kepada masyarakat untuk ditanami disetiap daerah aliran sungai, tanah gundul dan kawasan lindung, dengan minimal tinggi bibit pohon 70 cm, supaya cepat menyesuaikan dan tetap tumbuh”, ujar Hilman. Untuk lebih menghasilkan bibit yang lebih baik, menurut Hilman, perlu ada fasilitasi, pembinaan dan bimbingan kepada pihak ketiga. 

Tema pertemuan kali ini adalah “Revitalisasi Forum DAS untuk Mendukung Para Pihak dalam Implementasi Pengelolaan DAS”, dan dilaksanakan sejak tanggal 19 - 21 April 2017. Turut hadir dalam kegiatan ini, Prof. Dr. Gusti Mohammad Hatta, Direktur Sumber Daya Air dan Kehutanan Bappenas, Direktur Sinkronisasi I Direktorat Jenderal Bangda Kemendagri, anggota Forum DAS seluruh Indonesia, Sekretariat Nasional GN-KPA, Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Direktur Penataan Kawasan Kementerian ATR/BPN, dan UNDP.

Forum yang terbentuk sejak tahun 2009 ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Nomor 52/M.PPN/HK/12/2009, dan diketuai oleh Prof. Dr. Emil Salim. Sampai tahun 2017, telah terbentuk 116 Forum yang tersebar di tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, DAS/Sub DAS. 

“Dengan dilaksanakannya revitalisasi forum DAS tingkat Nasional dan Forum DAS Provinsi, diharapkan kegiatan pemulihan DAS dapat berjalan dengan sebaik-baiknya”, tutup Hilman Nugroho.

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081375633330