BANGUN PRIBADI BIROKRAT DAN REVOLUSI MENTAL UNTUK KINERJA OPTIMAL

  05 JUL 2017

SIARAN PERS
Nomor : SP. 130 /HUMAS/PP/HMS.3/07/2017

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Rabu, 5 Juli 2017. Dalam rangka percepatan pencapaian target kinerja Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Setjen KLHK melaksanakan Serah Terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama bagi para pejabat baru Kepala Biro Perencanaan dan Kepala Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan di Jakarta, (05/07/2017).

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan ini disaksikan oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, dan dilanjutkan dengan acara pembinaan kepada seluruh jajaran dan staf lingkup Setjen KLHK. Dalam arahannya, Bambang menyampaikan bahwa baik jajaran Eselon III dan Eselon IV sebagai ujung tombak dalam pencapaian kinerja dan pemimpin unit terkecil, perlu memiliki semangat yang sama dalam bekerja nyata.

“Sebagaimana dicontohkan oleh Ibu Menteri LHK Siti Nurbaya, dalam membangun pribadi birokrat, maka terdapat empat hal yang perlu kita bangun yaitu fungsi administrasi, fungsi advice (memberikan saran masukan kepada atasan), fungsi artikulasi kepentingan (berpendapat, berkomentar, berdiskusi dengan seluruh stakeholder), dan menjaga stabilitas pemerintah”, ujar Bambang.

Selain itu, Bambang juga menyampaikan bahwa inti dari kepemimpinan adalah tindakan dalam pengambilan keputusan, yang perlu didukung komunikasi yang baik dengan semua pihak. Para pejabat pimpinan tinggi pratama (Eselon II) merupakan penentu pengambil keputusan dan kebijakan, sehingga harus menjaga arah pencapaian target sasaran kinerja dan melakukan pemantauan pelaksanaan.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh seluruh jajaran dan staf lingkup Setjen KLHK ini, Bambang berpesan agar senantiasa melakukan revolusi mental dalam bekerja dan berperilaku. 

“Tiga poin penting dalam revolusi mental, yaitu integritas moral (keikhlasan, kejujuran dan tanggung jawab), etos kerja (disiplin, profesionalisme), dan gotong royong (kerjasama). Hal-hal ini agar dapat diimplementasikan dengan optimal dan menjadi sebuah sistem yang solid. Mari kita bangun solidaritas dan soliditas, serta jagalah tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), melalui transparansi, akuntabilitas, dan sikap partisipatif”, pesan Bambang.

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 
Djati Witjaksono Hadi – 081375633330