Taman Nasional Wakatobi Ditetapkan Sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO

Taman Nasional Wakatobi Ditetapkan Sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO

14 Mei 2013 , dibaca 5088 kali.

Pushumas Kemenhut, Wangiwangi : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyerahkan secara resmi sertifikat Cagar Biosfer Taman Nasional Wakatobi dari UNESCO kepada Pemerintah Indonesia yang diterima oleh Bupati Kabupaten Wakatobi, Hugua, dalam acara seremonial yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Wangi-Wangi, Kab Wakatobi, Selasa (14/5). 

Dengan penetapan Cagar Biosfer pada Taman Nasional Wakatobi, maka sampai saat ini Indonesia telah memiliki delapan Cagar Biosfer dan hingga saat ini telah terdapat 598 unit cagar biosfer di seluruh dunia yang tersebar di 117 negara.

Menhut, mengimbau kepada seluruh masyarakat Wakatobi untuk menjaga dan memelihara kelestarian alam dan lingkungan. Menhut optimis Wakatobi bisa jadi Kabupaten yang maju. Dan mampu bersaing dengan daerah lain meskipun Kabupaten Wakatobi termasuk kabupaten yang masih muda usianya. Sementara itu Bupati Wakatobi, Hugua pun bertekad untuk menjadikan wilayah yang dipimpinnya menjadi pusat biodiversity terkemuka di dunia.

Siang hari sebelum acara puncak penyerahaan sertifikat cagar biosfer Taman Nasional Wakatobi dari UNESCO kepada Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Menhut datang ke Hutan Masyarakat Kauluma untuk berdiskusi tentang keberhasilan dan semangat dari masyarakat Desa Kauluma melalui Kelompok Tani Kauluma untuk secara sukarela menanami daerahnya. Di hutan Masyarakat Kauluma Menhut menyempatkan menanam pohon. Selanjutnya  Menhut berkesempatan untuk melepas tukik penyu di Pantai Patuno, Wakatobi, sebagai bentuk kampanye perlindungan dan pelestarian alam dan lingkungan. (FOTOPUSHUMAS/galrama/arset)