Berita Tapak

Menhut Beri Nama

1 Maret 2013 , dibaca 1137 kali.

Menhut Zulkifli Hasan diberikan kehormatan oleh pengelola Ocean Dream Samudra, Ancol Taman Impian untuk memberikan nama kepada bayi lumba-lumba yang terlahir pada 1 Februari 2013 lalu. Menhut memberikan nama "Ari" kepada bayi lumba-lumba tersebut berasal dari singkatan nama induk bayi lumba-lumba yaitu Aleosi dan lumba-lumba jantan yang bernama Rio. Aleosi dirawat di Gelanggang Samudra Ancol Jakarta (sekarang ODS) sejak tahun 2006 dan lumba-lumba jantan Rio adalah lumba-lumba F1 kelahiran Gelanggang Samudra pada tahun 1995.

Lumba-lumba Ari ini lahir di kolam Karantina dengan volume air kolam 354,6 m3 dengan kedalaman 2,5 m setelah masa kehamilan selama 13 bulan. Sedangkan induknya, Aleosi, pertama kali dikawinkan pada 16 September 2011, dan didiagnosa hamil pada 8 Desember 2012.

Kunjungan Kerja Menhut ke Ocean Dream Samudra, Ancol Taman Impian ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Menhut setelah meninjau Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Jumat 1 Maret 2013. Pesan Menhut terkait prestasi Ocean Dream Samudra, Ancol Taman Impian yang berhasil dalam mengembangbiakan lumba-lumba adalah agar  lembaga ini dapat semakin baik dan berkembang lagi sebagai lembaga yang berfungsi konservasi dalam mengembangbiakkan dan menyelamatkan satwa lumba-lumba.

Selanjutnya Menhut berharap agar di masa mendatang lumba-lumba yang digunakan dalam atraksi di Ocean Dream Samudra, Ancol Taman Impian merupakan lumba-lumba hasil proses pengembangbiakan buatan, sehingga dapat mengurangi penangkapan lumba-lumba dari alam untuk kepentingan atraksi hiburan. (Galih/rd/13)