Wakil Bupati Kapuas Hulu Lantik Pengurus Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu Kalbar

Wakil Bupati Kapuas Hulu Lantik Pengurus Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu Kalbar

24 Februari 2024 , dibaca 382 kali.

Bertempat di Aula Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum (Tana Bentarum), Wakil Bupati Kapuas Hulu selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Hulu melantik kepengurusan Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu masa bakti 2023 – 2027, Kamis (22/2). Pengurus yang dilantik terdiri dari 13 orang Majelis Pembimbing (Mabi) dan 34 orang Pimpinan Saka Wanabakti (Pim Saka). Kegiatan dihadiri oleh unsur pimpinan Kwarcab Kapuas Hulu, Kepala Sekolah, dan seluruh anggota Saka Wanabakti yang dilantik.

Majelis Pembimbing dipimpin oleh Kepala Balai Besar Tana Bentarum yang beranggotakan Kepala KPH Kapuas Hulu Timur, Kepala KPH Kapuas Hulu Utara, Kepala KPH Kapuas Hulu Selatan, Kepala Bidang PTN Wilayah I Mataso, Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin, Kepala Bidang PTN Wilayah III Sintang, Cuncun Hidayat, Hendra Siswanto, dan RA Sumarni. Sedangkan Pimpinan Saka (Pin Saka) Wanabakti dipimpin oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi yang terdiri dari beberapa krida dan instruktur.

Dalam kata sambutannya Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidaya menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka Saka Wanabakti merupakan unsur penting dalam pembangunan generasi muda khususnya di Kapuas Hulu. “Semoga saka wanabakti dapat menjadi pelopor dalam pergerakan generasi muda Kapuas Hulu mengenai perbaikan lingkungan hidup, kehutanan dan ikut serta dalam permasalahan lingkungan hidup yang ada di Bumi Uncak Kapuas," katanya.

Kepala Bidang Teknis Konservasi Taman Nasional, Gunawan Budi Hartono, selaku ketua Pim Saka berharap Saka Wanabakti menjadi salah satu pelopor penggerak dibidang konservasi sehingga dapat menjadi inovator bagi pelestarian lingkungan melalui kegiatan kepramukaan. Anggota Saka Wanabakti juga menjadi bagian dari Kader Konservasi yang memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan Kehutanan.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan penyematan brevet Green Ambassador dan Penyerahan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor. SK. 1221/ MenLHK/Setjen/ Kum.1/11/2023 tentang Penetapan Green Ambassador tanggal 16 November 2023 kepada 18 orang Siswa/i dari 9 sekolah menengah atas/ sederajat di Kapuas Hulu yang telah mengikuti rangkaian kegiatan Green Youth Movement Tahun 2023. 

___

Penulis: Harri, Penyuluh Kehutanan Balai Besar Tana Bentarum