Siaran Pers

GERAKAN PENANAMAN 100 JUTA POHON BAMBU UNTUK PULIHKAN SUNGAI DAN SELAMATKAN LINGKUNGAN

10 September 2016, dibaca 1425 kali.

Nomor : SP. 69 /HUMAS/PP/HMS.3/9/2016

Gowa, Biro Humas, Sabtu 10 September 2016. Pencanangan Penanaman Bambu Nasional dilaksanakan di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan sekaligus melakukan simbolis penanaman bambu jenis Pattung (Dendrocalamus asper) di lahan seluas 5,5 hektar di Kelurahan Lanna, Kecamatan Parang Loe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan menjadi lokasi awal pencanangan Penanaman Bambu Nasional yang menargetkan penanaman 100 juta Batang Bambu di Seluruh Indonesia. Di Sulawesi Selatan sendiri ditargetkan akan ditanaman 10 juta batang bambu.

Tanaman bambu dipilih untuk dikembangkan secara besar-besaran adalah karena ada keresahan Wakil Presiden bahwa kondisi sungai yang airnya selalu keruh serta proyek penataan tepian sungai dengan pembangunan talud sering tidak optimal hasilnya sementara anggaran yang dibutuhkan sangat besar untuk membangunnya.

Oleh karena itu terpikirkan oleh Wakil Presiden untuk menanam bambu di lereng-lereng sungai sebagai tanaman reboisasi yang efektif mengurangi erosi, menjaga dinding sungai sekaligus dapat diperoleh manfaatnya dan memberdayakan masyarakat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa,