Adopsi dan Penanaman Terumbu Karang di Pantai Tulamben

Adopsi dan Penanaman Terumbu Karang di Pantai Tulamben

7 Juni 2021, dibaca 115 kali.

SIARAN PERS
Nomor: SP. 177/HUMAS/PP/HMS.3/06/2021

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 dan Coral Triangle Day (CT-Day), BKSDA Bali melakukan kegiatan Adopsi dan Penanaman Terumbu Karang di Pantai Tulamben, Minggu (6/6). 
 
Kegiatan penanaman diawali secara simbolis oleh Wakil Gubernur Bali dan para peserta undangan lainnya. Selanjutnya dilakukan penanaman terumbu karang di bawah laut sebanyak 200 buah, terdiri dari jenis Acropora spp (125 buah), Oxypora spp (15 buah), Montipora spp (60 buah). Penanaman dilakukan oleh tim penyelam dari Polair, Organisasi Pemandu Selam Tulamben, Asosiasi Karang Koral dan Ikan Hias Indonesia, Kelompok Pembudidaya Karang Hias Nusantara, dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia. 

"Adopsi karang ini merupakan media pendidikan dan peningkatan kepedulian masyarakat akan pentingnya pelestarian terumbu karang demi mendukung ekosistem laut, iklim yang sejuk serta perekonomian masyarakat lokal," ujar Kepala Balai KSDA Bali R. Agus Budi Santosa.

Adopsi dan Penanaman Terumbu Karang ini adalah hasil budi daya dari Asosiasi Koral Kerang & Ikan Hias Indonesia (AKKII) dan Kelompok Pembudidaya Karang Hias Nusantara (KPHAN). 

Kegiatan bertajuk "Living in Harmony with Nature" untuk restoking koral hasil budi daya ini juga merupakan rangkaian Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Bulan Agustus 2021.

Kegiatan dilakukan bersama Wakil Gubernur didampingi Dinas KLH Provinsi Bali, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), DKP Provinsi Bali, BPSKL Jabalnusra, Polair Polda Bali, Lanal TNI AL Denpasar, Indonesia Power dan instansi terkait.

 _______________________
Jakarta, KLHK, 7 Juni 2021

Informasi lebih lanjut hubungi:
Kepala BKSDA Bali
R. Agus Budi Santosa - 0811560648

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk