Kopkarhutan Semakin Unggul

Kopkarhutan Semakin Unggul

23 Februari 2023, dibaca 591 kali.

SIARAN PERS
Nomor: SP. 060 /HUMAS/PPIP/HMS.3/02/2023

 

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong memberikan apresiasi yang tinggi kepada Koperasi Karyawan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kopkarhutan) karena semakin unggul pada tahun 2023 ini. 

Dengan jumlah anggota pada akhir tahun 2022 sebanyak 3.561 orang, Kopkarhutan mampu mencapai total aset sebesar 74,56 miliar rupiah. Kopkarhutan masih bertahan dan tetap eksis  ditengah kondisi pandemi, bahkan masih mampu membagikan Sisa Hasil Usaha kepada anggota setiap tahun.

Agar terus maju dan berkembang, Wakil Menteri Alue berpesan kepada pengurus, pengawas, dan karyawan koperasi untuk terus berinovasi menciptakan peluang usaha. Alue juga mengingatkan bahwa digitalisasi dalam pengelolaan koperasi harus terus diimplementasikan agar koperasi dapat melayani anggotanya secara efisien dan efektif, dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa harus kehilangan jati diri sebagai koperasi, serta koperasi wajib ikut mencerdaskan anggota agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang. 

“Hidup dan berkembangnya koperasi tergantung kepada tanggung jawab anggotanya,” ucap Wakil Menteri Alue dalam dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkarhutan Tahun Buku 2022 di Jakarta, (22/02).

Selanjutnya, Wakil Menteri Alue turut menghimbau para pejabat eselon I KLHK untuk mendorong seluruh ASN Kementerian LHK baik di pusat maupun di UPT seyogyanya menjadi anggota Kopkarhutan. Dengan menjadi anggota koperasi, maka turut membantu memperkokoh tatanan perekonomian nasional melalui koperasi. 

Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) DKI Jakarta, Syahnas Rasyid, dalam sambutannya menyebutkan bahwa Kopkarhutan merupakan salah satu koperasi yang ikut memperkuat eksistensi Pusat Koperasi Pegawai RI (PKPRI) karena setiap tahun mendapatkan penilaian koperasi terbaik.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Wakil Menteri Alue, Syahnas menuturkan bahwa partisipasi anggota Kopkarhutan merupakan faktor penting keberhasilan dalam menghasilkan SHU.

“Anggota Kopkarhutan merupakan pengguna dan pemilih yang diharapkan berpartisipasi penuh dalam usaha Kopkarhutan ini,” ucap Syahnas.

Selama perjalanan usahanya, Kopkarhutan telah meraih beberapa penghargaan, yaitu penghargaan koperasi terbaik ke II se-DKI Jakarta selama 2 tahun berturut-turut pada tahun 2012 dan tahun 2013. 

Pada tahun 2014, Kopkarhutan berhasil mendapatkan penghargaan koperasi berprestasi dan koperasi penerima award tingkat nasional. Kemudian, pada acara tahun buku 2017 sampai dengan 2021, Kopkarhutan meraih penghargaan sebagai koperasi primer terbaik anggota PKPRI DKI Jakarta. Serta pada tahun 2022, Kopkarhutan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai koperasi terbaik Kementerian/Lembaga (PKPRI).

Saat ini, Kopkarhutan memiliki 11 unit usaha, yaitu: Usaha Simpan Pinjam, Perparkiran, Penjaminan, Toko Garmen, Minimarket Kopkar, Tour & Travel, Pengelolaan Aset, Galeri HHBK, Serambi Kopkar, Kantin, dan Arborea Cafe. 

Acara RAT kali ini diawali dengan pembacaan laporan oleh Ketua Pengurus Kopkarhutan, Samidi, serta diikuti dengan penyerahan secara simbolis: alat kesehatan kepada Poliklinik KLHK, Simpanan Anggota yang sudah tidak aktif, petugas pemungut teraktif, dan kartu anggota baru oleh Wakil Menteri LHK.

Acara RAT ini dihadiri oleh Pembina, Penasehat, Pengurus, Pengawas, Karyawan dan Anggota Kopkarhutan. Dalam acara ini juga dilaksanakan Sidang Pleno yang bertujuan untuk penyampaian dan pengesahan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas tahun buku 2022.(*)
________________________

Jakarta, KLHK, 23 Februari 2023

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk