Menteri LHK Terima Kunjungan Menteri Kerjasama Ekonomi Finlandia, Bahas Potensi Kerjasama Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

Menteri LHK Terima Kunjungan Menteri Kerjasama Ekonomi Finlandia, Bahas Potensi Kerjasama Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

1 Februari 2024, dibaca 271 kali.

SIARAN PERS
Nomor: SP.024/HUMAS/PPIP/HMS.3/01/2024


Menteri LHK, Siti Nurbaya menerima Kunjungan Menteri Urusan Ekonomi Finlandia, Wille-Werner Rydman di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (31/01/2024). 

Kedatangan Menteri Wille-Werner Rydman didampingi oleh Duta besar Finlandia untuk Indonesia, Director General of Sustainable Forest Management, Director General of Climate Change, Advisor to the Minister on Energy, Director of International Cooperation, serta perwakilan dari perusahaan Nokia.

Rombongan Menteri Finlandia tersebut membawa misi untuk memperkenalkan pengalaman dan teknologi yang dimiliki oleh Finlandia dalam mengelola sektor kehutanannya, yang diharapkan bisa dikerjasamakan dengan Pemerintah Indonesia untuk mendukung pengelolaan hutan lestari di Indonesia.

Menteri Siti menyambut hangat kedatangan tersebut dan mengungkapkan jika Pemerintah Indonesia telah memiliki program Indonesia FOLU Net Sink 2030 sebagai upaya Indonesia mengurangi emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dimana akan mendukung upaya global dalam mengendalikan perubahan iklim bersamaan dengan upaya mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

"Kami bertekad untuk bekerja untuk menjadi teladan dalam mendukung pencapaian komitmen iklim global," ujar Menteri Siti

Menteri Siti pun mengungkapkan bahwa Yth. Presiden Indonesia telah memintanya untuk belajar pengelolaan hutan lestari ke Finlandia, karena Finlandia merupakan salah satu negara yang berhasil mengelola hutannya dengan baik dan menguntungkan baik secara ekonomi maupun ekologinya. "Kita sudah pernah punya tim yang belajar kepada Finlandia," imbuhnya.

Ia pun mengungkap jika dalam menerapkan pengelolaan hutan lestari di Indonesia ada beberapa kendala yang datang, seperti ancaman deforestasi ilegal maupun kebakaran hutan. Disisi lain hutan Indonesia pun perlu terus dikelola secara berkelanjutan demi pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Menanggapi uraian tersebut, Menteri Wille-Werner Rydman menyebut jika banyak metode yang bisa dikembangkan atas permasalahan-permasalahan pengelolaan sektor kehutanan yang ada di Indonesia.

Ia menyebut bahwa Indonesia - Finlandia mempunyai tradisi untuk bekerjasama, dan Finlandia sebagai negara siap bekerjasama sebagai tim. Dengan pengalaman masing-masing negara ia berkeyakinan bisa bekerjasama, terutama juga dengan melibatkan banyak stakeholder sektor kehutanan kedua negara.

Menutup diskusi Menteri LHK Siti Nurbaya mengapresiasi kunjungan dan kerjasama yang telah berjalan selama ini dan meminta  upaya bersama untuk membentuk sistem yang kuat dan inovasi yang berkesinambungan dalam kerjasama kedua negara kedepannya.

Turut hadir mendampingi Menteri LHK, Direktur Jenderal PHL, Staf Khusus Menteri Bidang Energi, Sekretaris Direktorat Jenderal PPKL dan jajaran terkait lainnya.(*)
_________________
Jakarta, KLHK, 31 Januari 2024

Penanggung jawab berita:
Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk