BP2SDM KLHK: Bergerak Merajut Masa Depan Sumber Daya Manusia Pengelola Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia

BP2SDM KLHK: Bergerak Merajut Masa Depan Sumber Daya Manusia Pengelola Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia

13 September 2024 , dibaca 2230 kali.

SIARAN PERS
Nomor: SP.220/HUMAS/PPIP/HMS.3/9/2024

Pengembangan Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK dikerjakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan mengedepankan pembangunan kualitas SDM, infrastruktur, regulasi, dan reformasi terhadap birokrasi. Hal ini ditujukan agar  terwujudnya Keberlanjutan Sumber Daya Hutan dan Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Masyarakat sesuai visi bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Salah satu fokus utama KLHK dalam satu dekade ini adalah mendukung berlangsungnya peningkatan kualitas SDM sebagai katalisator dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Hal tersebut diwujudkan dengan melaksankan rangkaian program pelatihan dan kegiatan penyuluhan dalam kerja-kerja yang berdampak langsung bagi masyarakat.

“Seluruh kinerja demi sustainabilitas masa depan perhutanan dan lingkungan hidup Indonesia ini dilakukan oleh seluruh Rimbawan dengan penuh kedisiplinan”, ujar Kepala BP2SDM LHK Ade Palguna Ruteka dalam video 10 Tahun untuk Sustainabilitas yang disiarkan di YouTube Kementerian LHK mulai hari Jumat 13 September 2024.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun, melalui 2.694 penyuluhnya yang tersebar di seluruh indonesia, KLHK membina dan mendampingi 25.079 Kelompok Tani Hutan menuju kemandirian, melalui penguatan unsur kelembagaan, hingga memberi dukungan pada sektor usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya. Para penyuluh KLHK yang dikerahkan diarahkan untuk dapat berjalan berdampingan bersama masyarakat setempat sehingga  membentuk sebuah ikatan kepercayaan, untuk menghasilkan perkembangan yang sinergis dan optimal.

“Sejak tahun 2015, Kementrian LHK berhasil mendukung peningkatan kelas KTH Mandiri dari pemula ke madya sebanyak 1.697 kelompok, dan peningkatan KTH Mandiri kelas madya ke kelas utama sebanyak 385 kelompok,” ujar Ade.
 
Selain mengembangkan SDM di dalam ruang lingkup KLHK dan masyarakat setempat, kami menyelenggarakan pelatihan SDM serta mengembangkan Learning Management System melalui 7 Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membangun SDM yang berorientasi wirausaha kreatif bidang LHK pada Lembaga masyarakat dan komunitas.

Produktivitas dan daya saing SDM LHK kemudian dikuatkan melalui uji kompetensi dalam mendorong pengembangan karir dan profesionalisme melalui Sertifikasi kompetensi SDM Aparatur dan Non Aparatur binaan Kementerian LHK. Kementrian LHK juga menaungi lima Sekolah Menengah Kehutanan yang tersebar di Pekanbaru, Kadipaten, Samarinda, Makassar, dan Manokwari. Sekolah ini merupakan lingkungan generasi penerus muda, tempat mereka tumbuh dan berkembang menjadi bibit perubahan Indonesia.

“Kami percaya bahwa sosialisasi dan kegiatan transfer ilmu itu penting adanya untuk mempersiapkan potensi SDM di masa mendatang yang lebih awas akan ilmu kehutanan. Dengan fasilitas asrama dan pendidikan gratis yang ditawarkan kepada para calon pelajar, kami tidak hanya menjawab persoalan kebutuhan SDM berkualitas di masa depan, tetapi juga memberikan peluang kepada mereka untuk meningkatkan kesejahteraan hidup melalui jalur afirmasi bagi putra dan putri dari anggota Kelompok Tani Hutan. SMK Kehutanan terbukti telah menjadi salah satu media penghasil SDM unggul yang sehat, memiliki daya saing, dan berwawasan tinggi yang siap bekerja di tingkat tapak,” jelas Ade.

Untuk mengintegrasikan sistem kerja antar Badan dan Direktorat di lingkup KLHK agar lebih ideal dan optimal. BP2SDM LHK membangun Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan (SIMLUH), aplikasi berbasis daring yang berisi tentang panduan terhadap seluruh aspek daripada kegiatan penyuluhan seperti: Data kelembagaan, Informasi Kelompok Tani Hutan, Laporan BOP penyuluh, Nilai transaksi ekonomi, Informasi sarana dan prasarana penyuluhan kehutanan.

Dengan adanya sistem ini, tanpa membatasi aktivasi sistem dalam ruang lingkup BP2SDM, SIMLUH dapat digunakan oleh seluruh penyuluh kehutanan di bawah naungan KLHK untuk mengakses informasi, mengelola data, serta melaporkan kegiatan penyuluhan secara lebih efisien. Aplikasi ini memungkinkan adanya pemantauan dan evaluasi program penyuluhan secara real-time, sehingga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat terkait pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

KLHK, percaya kalau sinergi adalah kunci dari masa depan kehidupan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Masa depan Indonesia bergantung pada kita, masyarakat Indonesia, dan bagaimana kita merawat. lingkungan hidup kita. Jaga kesinambungan kerja-kerja yang berhasil. Jaga lingkungan hidup kita. Jaga masa depan Indonesia.

Masyarakat umum dapat mengunduh tayangan video tersebut pada pranala berikut:

https://bit.ly/Video10TahunUntukSustainabilitasKLHK_ (*)

_____
Jakarta, KLHK, 13 September 2024

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
U. Mamat Rahmat 

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk