Siaran Pers

Berantas Karhutla Sampai ke Pelosok Desa, KLHK Bentuk Masyarakat Peduli Api

6 Oktober 2017, dibaca 134 kali.

SIARAN PERS
Nomor : SP. 287/HUMAS/PP/HMS.6/10/2017



Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat, 6 Oktober 2017.Demi memberantas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia, berbagai pihak mulai dari pemerintah, lembaga peduli lingkungan, hingga masyarakat diimbau untuk turut serta mengambil peran. Dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupaya mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dengan membentuk program Masyarakat Peduli Api (MPA). 

Masyarakat Peduli Api ini beranggotakan masyarakat yang secara sukarela dan peduli terhadap pengendalian karhutla. KLHK pun berkomitmen untuk melatih dan memberikan pembekalan teknis dalam upaya pencegahan karhutla. 

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan mengungkapkan bahwa MPA dibentuk di desa-desa tertentu yang menjadi sasaran, yaitu desa yang berbatasan dengan kawasan hutan dan desa rawan kebakaran. Desa-desa ini menjadi prioritas dibentuknya MPA agar masyarakat dapat terlibat aktif dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di desanya.