Kampus SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru Punya Fasilitas Baru

Kampus SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru Punya Fasilitas Baru

16 Desember 2022, dibaca 1095 kali.

SIARAN PERS
Nomor: SP.341/HUMAS/PPIP/HMS.3/12/2022


Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan meresmikan gedung perpustakaan, pusat informasi dan teaching factory SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru, Jumat, (16/12/2022).

Pembangunan fasilitas gedung yang menjadi bagian dari Kampus SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan daya saing siswa-siswi SMK Kehutanan agar mampu memenangkan persaingan global dan mengakselerasi pemenuhan kebutuhan tenaga teknis kehutanan yang terus berkembang secara dinamis. 

Tujuan tersebut sejalan dengan agenda RPJMN Tahun 2020-2024, yaitu peningkatan daya saing melalui penyelenggaraan pendidikan vokasi yang berorientasi industri dan wirausaha.

"Kami berterimakasih kepada masyarakat Indonesia, atas dukungan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan vokasi kehutanan pada SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru" ujar Bambang dalam sambutan pembukaannya.

Hal ini imbuhnya merupakan bentuk sinergi pembangunan melalui partisipasi masyarakat dalam pembiayaan proyek pemerintah. Hal ini juga jelas menunjukkan gambaran potensi besar global future, concern dan atensi masyarakat yang meningkat, dan diantaranya menjadi gerakan masyarakat.

Ia pun berpesan agar semua fasilitas yang telah dibangun harus digunakan secara maksimal setiap waktu, karena disitulah kunci pengembangan kompetensi SDM vokasi yang siap kerja dan sebagai bentuk tanggung jawab kita terhadap dana SBSN yang telah digunakan. 

"Lakukan praktik-praktik langsung di lapangan, di laboratorium, di ruang-ruang kerja, di dalam hutan, di lingkungan sekitar. Teruslah berinovasi dalam berkegiatan, tidak melulu dengan langkah yang sudah biasa kita lakukan. Seperti tujuan yang ingin dicapai, yaitu akselerasi pemenuhan kebutuhan SDM baik segi kualitas maupun kuantitasnya, yang tentunya harus ditopang dengan aksi inovatif dan kreatif, cepat dan adaptif," tuturnya.

Gubernur Riau yang hadir diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Riau, M. Job Kurniawan mengucapkan selamat kepada SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru yang telah menyelesaikan proyek pembangunan gedung perpustakaan, workshop produksi hasil hutan dan teaching factory melalui sumber dana SBSN. "Semoga dapat memberikan nilai manfaat yang besar dalam pengembangan sumberdaya manusia di Provinsi Riau dan pada wilayah layanan di Pulau Sumatera," ujarnya.

Sementara itu Kepala BP2SDM KLHK Ade Palguna Ruteka pun menyatakan berterima kasih atas sinergi yang terjadi. "SMK Kehutanan Pekanbaru yang berdiri di atas lahan seluas ± 3.550 m2, mendapat tambahan pembangunan 3 (tiga) gedung baru yaitu Gedung 1 berisi Perpustakaan, Laboratorium SIG dan Laboratorium Bahasa, Gedung 2 berisi Pusat Informasi dan Kelas, serta Gedung 3 yang berisi Teaching Factory/ Laboratorium Terpadu. Fasilitas ini akan meningkatkan kualitas dan mutu  lulusan SMK Kehutanan, sehingga tercipta penyediaan tenaga teknis menengah kehutanan yang kompeten di tingkat tapak untuk mendukung sektor kehutanan," ujarnya.

Peningkatan kualitas sarana dan prasana baik yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar maupun untuk meningkatkan kreativitas dan mental peserta didik akan menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA).

Turut hadir dalam persemian ini, Gubernur Riau yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Riau, Plt. Kepala BP2SDM KLHK, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup KLHK, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Wakil Unsur Pemerintahan Kota Pekanbaru, kepala UPT KLHK Provinsi Riau, Kepala Sekolah, Guru dan segenap siswa-siswi SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru, IKA SKMA Riau, dan para undangan.(*)
________
Jakarta, KLHK, 16 Desember 2022

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk