Siaran Pers

Masyarakat Peduli Api Mitra KLHK Cegah Karhutla

14 Agustus 2018, dibaca 3463 kali.

Nomor : SP. 444/HUMAS/PP/HMS.3/08/2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 14 Agustus 2018. Masyarakat memegang peranan penting dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Indonesia. Upaya pencegahan karhutla yang dikedepankan juga perlu melibatkan masyarakat.

Untuk memperkuat kemandirian dan kapasitas masyarakat dalam mendukung upaya pengendalian karhutla, KLHK membentuk kelompok masyarakat yang diberi nama Masyarakat Peduli Api (MPA). Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa peran aktif MPA sangat diharapkan dan sangat membantu upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat tapak.

"Keterlibatan MPA dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan melalui peran aktif dalam upaya pencegahan seperti tidak melakukan pembukaan lahan dengan membakar,"ujar Raffles.

Raffles menambahkan bahwa memberikan pengetahuan dan penyadaran kepada masyarakat di sekitarnya juga menjadi peran penting MPA. "Segera melaporkan kepada Manggala Agni jika ditemukan areal terbakar juga merupakan langkah penting untuk meminimalisir dampak kebakaran yang lebih besar," lanjutnya.

Pembentukan dan pelatihan MPA diprioritaskan pada desa-desa rawan kebakaran yang telah dipetakan sebelumnya. Pembinaan dan pembentukan MPA menjadi program prioritas nasional KLHK tahun 2018 dengan target sebanyak 300 desa prioritas, dimana 200 desa merupakan sasaran kegiatan pembinaan MPA yang telah dibentuk, dan 100 desa merupakan pembentukan MPA baru.

Untuk tahun 2018, sampai dengan Juli pembentukan MPA telah dilaksanakan di 56 desa dengan jumlah personel 1.680 orang. Sedangkan total anggota MPA telah dibentuk sampai dengan saat ini sebanyak 704 regu dengan jumlah anggota 10.569 orang yang tersebar di provinsi-provinsi di Indonesia. 

Keterlibatan MPA dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah, KLHK khususnya. Apresiasi diberikan melalui pemberian Apresiasi Wana Lestari yang diberikan setiap tahun kepada pemenang penilaian Wana Lestari. Penghargaan Apresiasi Wana Lestari ini meliputi 5 kategori, yaitu Polisi Kehutanan (polhut), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan Pengelola Hutan Adat.